Apa Yang Terjadi Pada Tanggal 14 Desember?

April 08, 2023

Ada Apa Dengan 14 Desember 2021 yang Mendadak Viral di Medsos? Utara
Ada Apa Dengan 14 Desember 2021 yang Mendadak Viral di Medsos? Utara from utaratimes.pikiran-rakyat.com

Sejarah Tanggal 14 Desember

Tanggal 14 Desember memiliki sejarah yang cukup penting bagi beberapa negara di dunia. Tanggal ini merupakan hari yang bersejarah bagi Argentina karena pada tanggal ini, mereka berhasil merebut kembali Falkland dari Inggris. Selain itu, pada tanggal ini juga terjadi peristiwa tragedi penembakan di Newton, Amerika Serikat.

Peristiwa Penting Pada Tanggal 14 Desember

1. Kembalinya Falkland ke Argentina

Pada tahun 1982, Argentina merebut kembali kepulauan Falkland dari Inggris setelah sebelumnya mereka berhasil merebutnya pada tahun 1820. Peristiwa ini terjadi selama 74 hari dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Bagi Argentina, peristiwa ini merupakan momen yang sangat bersejarah karena mereka berhasil merebut kembali wilayah yang dianggap sebagai bagian dari wilayah mereka.

2. Tragedi Penembakan di Newton

Pada tanggal 14 Desember 2012, terjadi tragedi penembakan di sekolah dasar Sandy Hook di Newton, Amerika Serikat. Peristiwa ini mengakibatkan 27 orang tewas, termasuk 20 anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun. Penembaknya adalah seorang pria bernama Adam Lanza yang akhirnya bunuh diri setelah melakukan aksinya. Peristiwa ini menjadi momen yang sangat menyedihkan bagi masyarakat Amerika Serikat dan memicu perdebatan tentang regulasi senjata.

Fakta Menarik Tentang Tanggal 14 Desember

1. Hari Bahasa Korea

Tanggal 14 Desember diperingati sebagai Hari Bahasa Korea. Hal ini karena pada tanggal ini, raja pertama Korea, Raja Sejong, memperkenalkan aksara Hangul pada tahun 1446. Aksara ini digunakan untuk menulis bahasa Korea dan dianggap sebagai salah satu aksara paling ilmiah di dunia.

2. Hari Peringatan Teroris di India

Tanggal 14 Desember juga diperingati sebagai Hari Peringatan Teroris di India. Hal ini karena pada tanggal ini pada tahun 2001, terjadi serangan teroris di Gedung Parlemen India yang mengakibatkan 14 orang tewas. Serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris Lashkar-e-Taiba dan Jaish-e-Mohammed.

Kesimpulan

Tanggal 14 Desember memiliki sejarah yang beragam dan penting bagi beberapa negara di dunia. Peristiwa seperti kembalinya Falkland ke Argentina dan tragedi penembakan di Newton mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan. Di sisi lain, fakta menarik seperti Hari Bahasa Korea dan Hari Peringatan Teroris di India juga memberikan kita wawasan tentang budaya dan peristiwa penting di negara-negara tersebut.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments