Doa Ramadhan Sesuai Sunnah

April 25, 2023

Doa Nabi Apabila Tibanya Ramadhan BohasMeyers
Doa Nabi Apabila Tibanya Ramadhan BohasMeyers from bo-has-meyers.blogspot.com

Pengantar

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Di bulan ini, umat muslim di seluruh dunia melakukan puasa selama satu bulan penuh. Selain menjaga puasa, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak doa di bulan Ramadhan. Doa Ramadhan sesuai sunnah adalah doa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas doa Ramadhan sesuai sunnah yang dapat kita amalkan di bulan suci ini.

Doa Sebelum Berbuka Puasa

Doa sebelum berbuka puasa adalah doa yang dilakukan ketika waktu berbuka tiba. Doa ini dilakukan untuk meminta berkah dan rahmat dari Allah SWT. Berikut adalah doa sebelum berbuka puasa sesuai sunnah: "Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa 'ala rizqika aftartu" Artinya: Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu, aku beriman kepada-Mu, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa.

Doa Setelah Berbuka Puasa

Doa setelah berbuka puasa adalah doa yang dilakukan setelah selesai makan sahur. Doa ini dilakukan untuk meminta keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Berikut adalah doa setelah berbuka puasa sesuai sunnah: "Allahumma inni as'aluka birahmatika al-lati wasi'at kullu shay'in an taghfira li" Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu agar Engkau mengampuni dosa-dosaku.

Doa Setelah Shalat Tarawih

Doa setelah shalat tarawih adalah doa yang dilakukan setelah menunaikan shalat tarawih. Doa ini dilakukan untuk meminta keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Berikut adalah doa setelah shalat tarawih sesuai sunnah: "Allahumma inna nasta'inuka wa nastaghfiruka wa nu'minu bika wa natawakkalu 'alaika wa nusni 'alaikal khair, wa nashkuruka wa la nakfuruka wa nakhla'u wa natruku man-y yafjuruka, Allahumma iyyaka na'budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas'a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha 'adhabaka inna 'adhabaka bil kuffari mulhiq" Artinya: Ya Allah, kami memohon pertolongan-Mu, memohon ampunan-Mu, dan kami beriman kepada-Mu. Kami bertawakkal kepada-Mu dan kami memohon kebaikan kepada-Mu. Kami bersyukur kepada-Mu dan kami tidak mengingkari-Mu. Kami menjauhi dan meninggalkan orang yang durhaka kepada-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami beribadah, hanya kepada-Mu kami bershalawat, sujud, dan memohon kepada-Mu. Kami berserah diri kepada-Mu dan berharap mendapatkan rahmat-Mu. Kami takut akan adzab-Mu karena adzab-Mu sangat pedih bagi orang-orang kafir.

Doa Ketika Buka Puasa di Rumah Orang Lain

Doa ketika buka puasa di rumah orang lain adalah doa yang dilakukan ketika kita diundang untuk berbuka puasa di rumah seseorang. Doa ini dilakukan untuk meminta keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Berikut adalah doa ketika buka puasa di rumah orang lain sesuai sunnah: "Aftara 'indakumus saa'imuna, wa akala ta'amakumul abraaru, wa sallat 'alaikumul mala'ikatu" Artinya: Para orang yang berpuasa telah berbuka di antara kamu dan orang-orang yang saleh telah makan di antara kamu. Para malaikat mendoakan kebaikan untukmu.

Doa Ketika Berbuka Puasa di Masjid

Doa ketika berbuka puasa di masjid adalah doa yang dilakukan ketika kita berbuka puasa di masjid. Doa ini dilakukan untuk meminta keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Berikut adalah doa ketika berbuka puasa di masjid sesuai sunnah: "Allahumma laka sumtu wa 'ala rizqika aftartu" Artinya: Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa.

Doa Khusus Pada Malam Lailatul Qadr

Doa khusus pada malam Lailatul Qadr adalah doa yang dilakukan pada malam terakhir di bulan Ramadhan. Malam ini dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan pahala. Berikut adalah doa khusus pada malam Lailatul Qadr sesuai sunnah: "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni" Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan Engkau menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa doa Ramadhan sesuai sunnah yang dapat kita amalkan di bulan suci ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments