Besaran Panjang Dan Satuan Si

April 01, 2023

Besaran Fisika Dan Satuan
Besaran Fisika Dan Satuan from rumushitung.com

Pengertian Besaran Panjang

Besaran panjang adalah ukuran jarak antara dua titik pada suatu benda. Biasanya besaran panjang diukur menggunakan satuan meter atau sub-multipelnya seperti sentimeter, milimeter, kilometer, dan lain-lain. Besaran panjang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang konstruksi, industri, dan teknik.

Pengertian Satuan SI

Satuan SI (Sistem Satuan Internasional) adalah sistem satuan yang digunakan secara internasional untuk mengukur berbagai jenis besaran fisika seperti panjang, massa, waktu, suhu, dan lain-lain. Satuan SI didasarkan pada tujuh besaran dasar yaitu meter, kilogram, detik, ampere, kelvin, mole, dan candela.

Satuan Panjang dalam Satuan SI

Dalam satuan SI, besaran panjang diukur dalam meter (m). Satuan meter adalah satuan dasar untuk besaran panjang. Satuan meter merupakan panjang jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 1/299.792.458 detik. Satuan meter dapat diubah menjadi sub-multipelnya seperti sentimeter (cm), milimeter (mm), dan lain-lain.

Sub-Multipel Satuan Panjang dalam Satuan SI

Sub-multipel satuan panjang dalam satuan SI dibentuk dengan menggunakan awalan SI seperti kilo-, centi-, dan milli-. Berikut adalah beberapa sub-multipel satuan panjang dalam satuan SI beserta faktor pengaliannya: - Kilometer (km) = 1.000 meter - Hektometer (hm) = 100 meter - Dekameter (dam) = 10 meter - Meter (m) = 1 meter - Desimeter (dm) = 0,1 meter - Sentimeter (cm) = 0,01 meter - Milimeter (mm) = 0,001 meter

Konversi Satuan Panjang

Konversi satuan panjang dapat dilakukan dengan menggunakan faktor pengaliannya. Berikut adalah contoh konversi satuan panjang: - 1 kilometer = 1.000 meter - 1 meter = 100 sentimeter - 1 sentimeter = 10 milimeter

Contoh Penggunaan Satuan Panjang dalam Kehidupan Sehari-hari

Satuan panjang dalam kehidupan sehari-hari sangat penting terutama dalam bidang konstruksi dan teknik. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan satuan panjang dalam kehidupan sehari-hari: - Mengukur panjang benda seperti meja, kursi, dan lain-lain menggunakan satuan meter atau sentimeter - Menghitung luas dan volume bangunan menggunakan satuan meter atau kilometer - Mengukur jarak tempuh kendaraan menggunakan satuan kilometer atau meter - Menghitung kecepatan kendaraan menggunakan satuan kilometer per jam (km/h)

Kesimpulan

Besaran panjang dan satuan SI sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Besaran panjang diukur menggunakan satuan meter atau sub-multipelnya seperti sentimeter, milimeter, dan lain-lain. Satuan SI adalah sistem satuan yang digunakan secara internasional untuk mengukur berbagai jenis besaran fisika seperti panjang, massa, waktu, suhu, dan lain-lain. Dalam satuan SI, besaran panjang diukur dalam meter (m) dan dapat diubah menjadi sub-multipelnya dengan menggunakan awalan SI seperti kilo-, centi-, dan milli-.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments