Berikut Bukan Tujuan Berdirinya Asean Adalah

May 21, 2023

√ Latar Belakang Berdirinya ASEAN dan Pembahasan Lengkap
√ Latar Belakang Berdirinya ASEAN dan Pembahasan Lengkap from theinsidemag.com

Pendahuluan

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang dibentuk pada 8 Agustus 1967. ASEAN bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, sosial, dan politik antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, ada beberapa hal yang bukan menjadi tujuan utama berdirinya ASEAN. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Membentuk Negara Kesatuan

ASEAN tidak bertujuan untuk membentuk negara kesatuan seperti Uni Eropa. ASEAN tetap menghargai kedaulatan dan kebebasan masing-masing negara anggota.

2. Menjadi Aliansi Militer

ASEAN juga bukan sebuah aliansi militer seperti NATO. Meskipun beberapa negara anggota memiliki hubungan erat dengan negara-negara besar di dunia, ASEAN tetap bertujuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

3. Menjadi Aliansi Politik

ASEAN juga tidak bertujuan untuk menjadi sebuah aliansi politik seperti Uni Afrika atau Liga Arab. Meskipun ASEAN memiliki kerja sama politik, tujuannya tetap untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

4. Membentuk Pasar Satu Kawasan

ASEAN memang memiliki tujuan untuk membentuk pasar satu kawasan atau ASEAN Economic Community (AEC). Namun, tujuan ini bukan untuk menghapuskan perbedaan ekonomi antara negara-negara anggota. Tujuannya adalah untuk memperkuat ekonomi masing-masing negara anggota sehingga dapat bersaing di pasar global.

5. Menghapuskan Perbedaan Budaya

ASEAN juga tidak bertujuan untuk menghapuskan perbedaan budaya antara negara-negara anggota. Tujuannya adalah untuk memperkuat kerja sama dan saling menghargai keanekaragaman budaya di kawasan Asia Tenggara.

6. Menghapuskan Perbedaan Sosial

ASEAN juga tidak bertujuan untuk menghapuskan perbedaan sosial antara negara-negara anggota. Tujuannya adalah untuk memperkuat kerja sama di bidang sosial sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

7. Menjadi Negara Superpower

ASEAN juga tidak bertujuan untuk menjadi negara superpower seperti Amerika Serikat atau Tiongkok. Tujuannya adalah untuk memperkuat kerja sama di antara negara-negara anggota sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

8. Membentuk Mata Uang Satu Kawasan

ASEAN juga tidak bertujuan untuk membentuk mata uang satu kawasan seperti Euro. Meskipun ASEAN memiliki kerja sama di bidang keuangan, tujuannya tetap untuk memperkuat ekonomi masing-masing negara anggota.

9. Menjadi Negara Federasi

ASEAN juga tidak bertujuan untuk menjadi negara federasi seperti Amerika Serikat. ASEAN tetap menghargai kedaulatan dan kebebasan masing-masing negara anggota.

Kesimpulan

Berdirinya ASEAN memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, sosial, dan politik antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, bukan berarti ASEAN tidak menghargai perbedaan budaya, sosial, dan politik antara negara-negara anggota. ASEAN tetap menghargai kedaulatan dan kebebasan masing-masing negara anggota serta menghargai keanekaragaman budaya di kawasan Asia Tenggara.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments