Hewan Yang Bisa Hidup Di Darat Dan Di Air

July 14, 2023

Hewan Hidup Di Darat Dan Di Air Paragraf News
Hewan Hidup Di Darat Dan Di Air Paragraf News from paragraf.or.id

Pendahuluan

Hewan yang bisa hidup di darat dan di air dikenal dengan sebutan hewan amfibi. Hewan ini memiliki kemampuan untuk hidup di dua habitat yang berbeda, yaitu di darat dan di air. Beberapa contoh hewan amfibi yang terkenal adalah katak, salamander, dan kodok.

Penjelasan tentang Hewan Amfibi

Hewan amfibi memiliki kulit yang lembab dan tipis sehingga perlu terus menerus terkena air untuk menjaga kelembaban kulitnya. Beberapa hewan amfibi memiliki paru-paru, tetapi kebanyakan bernapas melalui kulitnya. Selain itu, hewan amfibi juga memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya, terutama saat berada di lingkungan yang berbeda.

Contoh Hewan Amfibi

Beberapa contoh hewan amfibi yang bisa hidup di darat dan di air adalah sebagai berikut:

1. Katak

Katak adalah hewan amfibi yang paling terkenal. Katak dapat hidup di air dan di darat. Saat masih dalam tahap kecebong atau telur, katak hidup di air. Setelah dewasa, katak hidup di darat dan hanya kembali ke air untuk bertelur.

2. Salamander

Salamander juga termasuk hewan amfibi yang dapat hidup di air dan di darat. Salamander memiliki kulit yang tipis dan lembab, sehingga perlu terus menerus terkena air untuk menjaga kelembaban kulitnya.

3. Kecoa Air

Kecoa air adalah hewan amfibi yang hidup di air tawar. Kecoa air memiliki kemampuan untuk bernapas melalui kulitnya dan memiliki kaki yang memungkinkannya untuk berjalan di dasar sungai atau danau.

4. Ikan Labyrinth

Ikan labyrinth adalah ikan yang memiliki kemampuan untuk bernapas udara di atas permukaan air. Ikan labyrinth dapat hidup di air yang kekurangan oksigen karena dapat membawa udara dari luar.

Manfaat Hewan Amfibi

Hewan amfibi memiliki peran penting dalam ekosistem. Beberapa hewan amfibi, seperti katak dan salamander, merupakan predator alami bagi serangga, serangga air, dan hewan kecil lainnya. Selain itu, hewan amfibi juga dapat digunakan untuk penelitian ilmiah dan pengembangan obat-obatan.

Ancaman pada Hewan Amfibi

Hewan amfibi saat ini menghadapi berbagai ancaman, seperti hilangnya habitat, polusi air, dan perubahan iklim. Beberapa spesies hewan amfibi sudah menjadi spesies terancam punah karena ancaman tersebut.

Kesimpulan

Hewan amfibi merupakan hewan yang memiliki kemampuan untuk hidup di darat dan di air. Beberapa contoh hewan amfibi yang terkenal adalah katak, salamander, kecoa air, dan ikan labyrinth. Hewan amfibi memiliki peran penting dalam ekosistem, namun saat ini menghadapi berbagai ancaman. Oleh karena itu, perlindungan dan upaya konservasi terhadap hewan amfibi sangatlah penting.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments