Jenis Dongeng Dibagi Menjadi Beberapa Jenis

June 22, 2023

JenisJenis Dongeng . . . DONGENG
JenisJenis Dongeng . . . DONGENG from ayokberimajinasi.blogspot.com

Pengertian Dongeng

Dongeng adalah cerita fiksi yang disampaikan secara lisan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Cerita ini biasanya berisi nilai moral dan pesan yang ingin disampaikan kepada pendengarnya. Dongeng sering kali dijadikan sebagai sarana hiburan dan pendidikan bagi anak-anak.

Jenis-jenis Dongeng

1. Dongeng Fabel

Dongeng fabel biasanya berisi cerita tentang binatang yang memiliki sifat-sifat atau perilaku manusia. Contoh dongeng fabel yang terkenal adalah "Si Kancil dan Buaya", "Anjing dan Bayangannya", dan "Katak yang Sombong".

2. Dongeng Legenda

Dongeng legenda berisi cerita yang dipercayai oleh masyarakat sebagai kisah nyata. Biasanya dongeng legenda berasal dari kepercayaan atau mitos yang berkembang di suatu daerah. Contoh dongeng legenda yang terkenal adalah "Roro Jonggrang", "Malin Kundang", dan "Bawang Merah dan Bawang Putih".

3. Dongeng Mitos

Dongeng mitos berisi cerita tentang dewa-dewi atau makhluk gaib yang dipercayai oleh masyarakat. Cerita ini biasanya berkaitan dengan kepercayaan atau adat-istiadat yang ada di suatu daerah. Contoh dongeng mitos yang terkenal adalah "Sangkuriang", "Lutung Kasarung", dan "Nyi Roro Kidul".

4. Dongeng Cerita Rakyat

Dongeng cerita rakyat berisi cerita tentang kehidupan sehari-hari masyarakat di suatu daerah. Cerita ini biasanya diwariskan secara turun temurun dan menjadi bagian dari kebudayaan suatu daerah. Contoh dongeng cerita rakyat yang terkenal adalah "Timun Mas", "Buto Ijo", dan "Keong Emas".

Manfaat Membaca Dongeng

Membaca dongeng memiliki banyak manfaat, terutama bagi perkembangan anak-anak. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Meningkatkan Imajinasi

Dongeng yang disampaikan dengan cerita yang menarik dapat membantu meningkatkan imajinasi anak. Anak akan lebih mudah membayangkan cerita yang disampaikan dan dapat mengembangkan kreativitasnya.

2. Meningkatkan Pemahaman Moral

Dalam setiap dongeng terdapat nilai moral dan pesan yang ingin disampaikan. Dengan membaca dongeng, anak-anak dapat lebih mudah memahami nilai-nilai moral tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Menumbuhkan Minat Baca

Dongeng yang disampaikan dengan cerita yang menarik dapat menumbuhkan minat baca anak. Anak akan lebih tertarik untuk membaca buku dan cerita lainnya.

4. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Dongeng yang mengandung nilai moral dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional anak. Anak akan lebih mudah memahami perasaan orang lain dan dapat lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Kesimpulan

Jenis dongeng dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain dongeng fabel, legenda, mitos, dan cerita rakyat. Setiap jenis dongeng memiliki ciri khas dan pesan yang ingin disampaikan. Membaca dongeng memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak-anak, terutama dalam meningkatkan imajinasi, pemahaman moral, minat baca, dan kecerdasan emosional.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments