Sifat Sel Anak Mitosis Dan Meiosis

June 04, 2023

Difference Between Mitosis and Meiosis Mitosis, Meiosis, Biology review
Difference Between Mitosis and Meiosis Mitosis, Meiosis, Biology review from www.pinterest.com

Pengertian Mitosis dan Meiosis

Mitosis dan meiosis adalah dua jenis pembelahan sel yang berbeda. Mitosis terjadi ketika sel membelah menjadi dua sel anak yang identik. Meiosis terjadi ketika sel membelah menjadi empat sel anak yang berbeda. Mitosis terjadi dalam sel somatik, sementara meiosis terjadi dalam sel reproduktif.

Sifat Sel Anak Mitosis

Sel anak mitosis memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

1. Identik dengan Sel Induk

Sel anak mitosis identik dengan sel induk. Mereka memiliki jumlah kromosom yang sama dan gen yang sama. Ini berarti bahwa sel anak mitosis memiliki sifat-sifat yang sama dengan sel induk.

2. Diploid

Sel anak mitosis adalah sel diploid. Ini berarti bahwa mereka memiliki dua set kromosom, satu dari setiap orang tua. Sel diploid hadir di semua sel somatik.

3. Bermultiplesi dengan Cepat

Sel anak mitosis dapat berkembang biak dengan cepat. Ini karena pembelahan sel terjadi sangat cepat, sehingga sel anak dapat terbentuk dalam waktu singkat.

Sifat Sel Anak Meiosis

Sel anak meiosis memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

1. Berbeda dengan Sel Induk

Sel anak meiosis berbeda dengan sel induk. Mereka memiliki jumlah kromosom setengah dari sel induk dan kombinasi gen yang berbeda. Ini berarti bahwa sel anak meiosis memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan sel induk.

2. Haploid

Sel anak meiosis adalah sel haploid. Ini berarti bahwa mereka hanya memiliki satu set kromosom. Sel haploid hadir di semua sel reproduktif.

3. Beragam

Sel anak meiosis memiliki keragaman genetik yang besar. Hal ini disebabkan oleh proses rekombinasi genetik selama meiosis, di mana kromosom homolog saling bertukar segmen.

Perbedaan antara Sel Anak Mitosis dan Meiosis

Sel anak mitosis dan meiosis memiliki beberapa perbedaan, seperti berikut:

1. Jumlah Sel Anak

Sel anak mitosis membelah menjadi dua sel anak identik, sedangkan sel anak meiosis membelah menjadi empat sel anak yang berbeda.

2. Jumlah Kromosom

Sel anak mitosis memiliki jumlah kromosom yang sama dengan sel induk, sementara sel anak meiosis memiliki jumlah kromosom setengah dari sel induk.

3. Keragaman Genetik

Sel anak mitosis memiliki keragaman genetik yang rendah, sedangkan sel anak meiosis memiliki keragaman genetik yang tinggi.

Kesimpulan

Sifat sel anak mitosis dan meiosis memiliki perbedaan yang signifikan. Sel anak mitosis identik dengan sel induk, sedangkan sel anak meiosis berbeda dengan sel induk. Sel anak mitosis adalah sel diploid, sedangkan sel anak meiosis adalah sel haploid. Sel anak mitosis memiliki keragaman genetik yang rendah, sedangkan sel anak meiosis memiliki keragaman genetik yang tinggi.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments