Jumlah Maksimum Elektron Yang Dapat Menempati Kulit L Adalah

June 01, 2023

Model Dan Kelemahan Teori Atom Bohr Pengertian Contoh Gambar Kimia
Model Dan Kelemahan Teori Atom Bohr Pengertian Contoh Gambar Kimia from mobillegends.net

Apa Itu Kulit Elektron?

Sebelum membahas jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kulit elektron. Kulit elektron adalah lapisan terluar atom yang menyimpan elektron. Setiap atom memiliki kulit elektron yang berbeda-beda tergantung pada jumlah elektron yang dimilikinya.

Struktur Atom

Atom terdiri dari inti atom yang terdiri dari proton dan neutron, serta elektron yang mengelilingi inti atom dalam orbit atau kulit elektron. Orbit pertama dapat menampung maksimal 2 elektron, orbit kedua dapat menampung maksimal 8 elektron, dan orbit ketiga dapat menampung maksimal 18 elektron.

Menempati Kulit L

Kulit L adalah kulit elektron dengan nomor kuantum utama n=3 dan nomor kuantum azimuthal l=1. Kulit L dapat menampung maksimal 6 elektron. Elektron yang pertama kali menempati kulit L adalah elektron ke-19 pada tabel periodik, yaitu kalium (K) dengan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 1. Sisanya, kulit L dapat diisi oleh elektron dari unsur lain yang memiliki nomor atom di atas 18.

Peran Kulit L

Kulit L memiliki peran penting dalam sifat kimia unsur. Elektron pada kulit L dapat berinteraksi dengan elektron pada kulit lainnya, sehingga menentukan sifat ikatan kimia dan reaktivitas unsur. Selain itu, kulit L juga terlibat dalam spektrum cahaya yang dipancarkan oleh sebuah unsur.

Contoh Penerapan

Contoh penerapan jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah pada unsur kripton (Kr) dengan konfigurasi elektron 2, 8, 18, 8. Kripton memiliki 8 elektron pada kulit terluar atau kulit L, sehingga memiliki sifat kimia yang relatif stabil dan sulit bereaksi dengan unsur lain.

Penutup

Jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 6 elektron. Kulit L memiliki peran penting dalam sifat kimia unsur dan terlibat dalam spektrum cahaya yang dipancarkan oleh sebuah unsur. Contoh penerapan jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah pada unsur kripton (Kr) dengan konfigurasi elektron 2, 8, 18, 8. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang kulit elektron dan jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments