Apa Itu Idgham Bilaghunnah?

August 09, 2023

idgham bila ghunnah Ayat huruf razak aziz contoh2 tersedia dah Viral
idgham bila ghunnah Ayat huruf razak aziz contoh2 tersedia dah Viral from app.bukapintu.co

Pengertian Idgham Bilaghunnah

Idgham bilaghunnah adalah salah satu hukum tajwid dalam membaca Al-Quran. Hukum ini terdiri dari dua kata, yaitu idgham dan bilaghunnah. Idgham berarti menggabungkan atau menyatu, sedangkan bilaghunnah merujuk pada nada yang dihasilkan oleh huruf mim atau nun ketika dibaca secara berturut-turut dengan huruf ba, ta, tha, jim, dan dal. Dalam idgham bilaghunnah, huruf mim atau nun dibaca dengan disatukan atau digabungkan dengan huruf berikutnya.

Kapan Idgham Bilaghunnah Digunakan?

Idgham bilaghunnah digunakan ketika huruf mim atau nun bertemu dengan salah satu dari lima huruf yang disebutkan sebelumnya, baik dalam satu kata maupun antar kata. Hukum ini juga berlaku ketika huruf mim atau nun bertemu dengan huruf yang sama (huruf mim dengan mim atau huruf nun dengan nun) dalam satu kata.

Jenis-jenis Idgham Bilaghunnah

Terdapat dua jenis idgham bilaghunnah, yaitu idgham bilaghunnah mutamatsilain dan idgham bilaghunnah mukhaffafain. Idgham bilaghunnah mutamatsilain terjadi ketika huruf mim atau nun bertemu dengan salah satu dari lima huruf yang disebutkan sebelumnya dan diikuti oleh huruf yang sama, sedangkan idgham bilaghunnah mukhaffafain terjadi ketika huruf mim atau nun bertemu dengan salah satu dari lima huruf yang disebutkan sebelumnya dan diikuti oleh huruf yang berbeda.

Cara Membaca Idgham Bilaghunnah

Untuk membaca idgham bilaghunnah, huruf mim atau nun harus digabungkan dengan huruf berikutnya secara sempurna. Artinya, kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara tanpa adanya jeda atau pemisah. Pembacaan idgham bilaghunnah harus dilakukan dengan suara yang jelas dan terdengar oleh pendengar.

Contoh Idgham Bilaghunnah

Berikut adalah contoh idgham bilaghunnah dalam Al-Quran: 1. Surah Al-Fatihah ayat 2: "Alhamdu lillahi rabbil 'alamin" (الْحَمْدُ لِلَّـهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) Huruf mim pada kata "alamin" harus dibaca dengan disatukan atau digabungkan dengan huruf lam pada kata sebelumnya. 2. Surah An-Nisa ayat 11: "Yuwaswidna bi-afwahihim" (يُوَسْوِدْنَ بِأَفْوَاهِهِمْ) Huruf nun pada kata "yuwaswidna" harus dibaca dengan disatukan atau digabungkan dengan huruf sin pada kata berikutnya.

Manfaat Membaca Idgham Bilaghunnah

Membaca Al-Quran dengan benar adalah kewajiban setiap muslim. Salah satu kunci dalam membaca Al-Quran dengan baik adalah memahami hukum tajwid, termasuk idgham bilaghunnah. Dengan memahami idgham bilaghunnah, pembaca Al-Quran dapat membaca dengan baik dan benar, sehingga makna dari ayat-ayat Al-Quran dapat dipahami dengan lebih baik.

Kesimpulan

Idgham bilaghunnah adalah hukum tajwid yang mengharuskan huruf mim atau nun dibaca dengan digabungkan atau disatukan dengan huruf berikutnya ketika bertemu dengan salah satu dari lima huruf yang disebutkan sebelumnya. Terdapat dua jenis idgham bilaghunnah, yaitu idgham bilaghunnah mutamatsilain dan idgham bilaghunnah mukhaffafain. Dalam membaca idgham bilaghunnah, huruf mim atau nun harus dibaca dengan benar dan digabungkan dengan huruf berikutnya secara sempurna. Dengan memahami hukum tajwid, pembaca Al-Quran dapat membaca dengan baik dan benar, sehingga makna dari ayat-ayat Al-Quran dapat dipahami dengan lebih baik.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments