Tanggal 28 Januari Memperingati Hari Apa?

August 20, 2023

Ada Apa Tanggal 18 Januari 2023? Memperingati Hari Apa dan Apakah Libur
Ada Apa Tanggal 18 Januari 2023? Memperingati Hari Apa dan Apakah Libur from beritadiy.pikiran-rakyat.com

Sejarah Peringatan Hari Ini

Tanggal 28 Januari diperingati sebagai Hari Peringatan Wafatnya Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Peringatan hari ini menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Ia merupakan anak dari pasangan Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno memulai karir politiknya pada tahun 1927 saat ia bergabung dengan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Pada tahun 1945, Soekarno menjadi Presiden Pertama Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia berhasil memimpin Indonesia selama 21 tahun hingga akhirnya digulingkan pada tahun 1966.

Kenangan Soekarno

Soekarno dikenal sebagai sosok pemimpin yang memiliki visi besar dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan sungguh-sungguh. Ia juga dikenal sebagai sosok yang karismatik dan memiliki kemampuan oratoris yang luar biasa.

Sejumlah kenangan tentang Soekarno masih diingat oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Salah satunya adalah pidatonya pada Kongres Pemuda II di Jakarta pada tahun 1928 yang terkenal dengan kata-kata "Indonesia Raya".

Soekarno juga dikenal sebagai pencetus konsep "Masyarakat Ekonomi Asia-Afrika" atau yang dikenal dengan sebutan Gerakan Non-Blok. Konsep ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara negara-negara Asia dan Afrika dalam bidang ekonomi dan politik.

Peringatan Hari Ini

Peringatan hari ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, tabur bunga di makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur, dan seminar tentang pemikiran Soekarno. Selain itu, sejumlah stasiun televisi juga menayangkan film dan dokumenter tentang kehidupan Soekarno.

Peringatan hari ini menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa Soekarno dan mengambil hikmah dari perjuangannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dalam menghadapi berbagai tantangan di masa kini, kita dapat belajar dari semangat perjuangan Soekarno yang gigih dan pantang menyerah.

Kesimpulan

Tanggal 28 Januari diperingati sebagai Hari Peringatan Wafatnya Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Peringatan hari ini menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Soekarno dikenal sebagai sosok pemimpin yang memiliki visi besar dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan sungguh-sungguh. Peringatan hari ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, tabur bunga di makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur, dan seminar tentang pemikiran Soekarno. Semoga peringatan hari ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus memperjuangkan cita-cita Indonesia yang masih banyak tantangan di masa kini.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments